Merawat Baterai Handphone

1. Matikan ponsel. Sebaiknya matikan ponsel jika Anda berada di sebuah  tempat yang kemungkinan untuk   mendapatkan sinyalnya sulit. Kalau ponsel  terus diaktifkan, sementara ponsel terus menerus mencari sinyal, hal ini akan membuat energi baterai Anda terkuras.

2. Pakai repeater. Saat berada di tempat yang sangat terpencil, gunakan repeater ponsel untuk memperkuat penangkapan sinyal.

3. Matikan fitur suara yang tidak penting, jangan biarkan aktif sepanjang hari.

4. Jangan aktifkan ringtone dan fitur getar sekaligus karena cukup menguras energi baterai, aktifkan salah satunya saja. Saat berada di bioskop ada           baiknya aktifkan fitur getarnya saja, namun saat berada di tempat publik seperti mall, stasiun dan bandara, mengaktifkan ringtone bisa menjadi                 pilihan yang lebih baik.

5. Kurangi brightness layar ponsel Anda hingga 50 persen agar energi baterai yang terpakai lebih hemat.

6. Matikan Bluetooth jika tak digunakan. Untuk diketahui saja, Bluetooth yang aktif akan menguras energi baterai ponsel lebih cepat.
7. Sama halnya seperti Bluetooth, matikan juga fitur infrared jika tak digunakan.

8. Matikan aplikasi-aplikasi lain yang tidak digunakan.

9. Letakkan ponsel di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah. Misalnyajangan letakkan ponsel di dalam mobil yang terjemur matahari, di atas laptop atau konsol game yang suhunya panas.

10. Segera cabut charger dari ponsel jika baterai ponsel sudah penuh.

11. Caslah baterai sampai penuh dan segera isi ulang baterai Anda jika memang sudah habis.
12. Kalau ingin baterai tahan lama, jangan sering-sering bermain game lewat ponsel, mendengarkan mp3, melakukan panggilan video (video call),mengedit foto ataupun browsing. Semua aktivitas tersebut hanya akan mempercepat baterai Anda habis.

13. Atur settingan backlight, jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja.mm

Mmc Yang Rusak

Kartu Memori / MMC merupakan kebutuhan vital bagi yang menyimpan data-data pribadi atau foto, video kenangan yang sangat berharga. Namun, hal ini bisa terganggu jika memori data atau tempat penyimpanan data yang kita miliki mengalami kerusakan (Memory Card Corrupted).
Saya akan memberikan cara-cara  bagaimana perbaikan pada perangkat MMC rusak atau Memory Card corrupted. MMC merupakan media penyimpanan data pada alat-alat elektronika seperti ponsel, kamera digital, handycam, dan lain sebagainya, dan macamnya pun beragam jenis memori ada seperi stick duo pro duo, memori RS , Micro dsb.
Cara untuk memperbaiki kerusakan karena memory card corrupted ada beberapa cara, seperti melakukan format langsung dari perangkat ponsel yang kita miliki atau melalui perangkat komputer. Namun, terkadang langkah ini tak dapat menyelesaikan masalah. Jika sampai seperti ini, harus menggunakan aplikasi atau program tambahan untuk melakukan perbaikan. karena data anda akan hilang jika di format, jadi bagaimana menyelamatkan data yang ada didalam kartu memori / Multimedia Card.

A.Pertama-tama cara menyelamatkan data di dalam memory card yang rusak, dengan cara :

1.Lepas MMC yang ada di handphone lalu Masukkan di CardReader yang sudah ditancapkan di komputer

2. Pilih Folder MMC  di Removable disk lalu klik kanan pilih properties

3. Klik TOOL lalu klik lagi Check now,

4.Centang  automatically check sistem for error dan scan for and attempt recovery of bad setor. centang keduanya, pilih lalu Start.

4.Setelah itu tunggu sampai proses selesai.

5.Lalu lepas MMC  dari Cardreader dan pasang lagi di ponsel/camera/ perangkat lainnya, maka selesai.. data anda aman dan MMC anda dapat digunakan kembali.

B.Cara kedua ini Agak sulit dan memakan Waktu lama.

1. Buka FileRecovery for MultiMediaCard v1[1].21 ,jika di komputer anda belum ada maka download dahulu disini lalu install di komputer atau ini

2. Pilih Drive Dimana MMC anda berada. (Lihat di My computer dimana Removable disk, disitu MMC anda berada).

3. Lalu pilih dimana anda akan menyimpan data Recovery (data yang diselamatkan).

4. Pilih start, tunggu sampai proses selesai.

5. Maka data anda telah terselamatkan. buka dimana anda tadi menyimpan file image

C. Jika cara-cara diatas tidak bisa maka salah satu jalan terakhir adalah memFORMAT memory card anda <data anda akan hilang tapi MMC anda selamat> di ponsel. 

Buka menu dalam ponsel lalu Cari lokasi menu memori, umumnya ada di dalam menu tools atau peralatan, pilih menu memori kemudian pada pilihan, pilih  Format MMC dari menu pilihan dan klik OK. Setelah selesai, maka Anda akan diminta untuk memberi nama pada MMC.

D. Memformat MMC dengan program bantuan yang terpasang pada PC.

1.Lepas MMC yang ada di handphone lalu Masukkan di CardReader yang sudah ditancapkan di komputer

2. Pilih Folder MMC  di Removable disk lalu klik kanan pilih format .

3. Lalu tekan Start. tunggu sampai proses selesai.

4.Setelah selesai. Gunakan cara A. untuk men-SCAN /memperbaiki MMC anda yang rusak / Memory card corrupted.

5.Buka menu dalam ponsel lalu Cari lokasi menu memori, umumnya ada di dalam menu tools atau peralatan, pilih menu memori kemudian pada pilihan, pilih  Format MMC dari menu pilihan dan klik OK. Setelah selesai, maka Anda akan diminta untuk memberi nama pada MMC.

selesai.

CARA A. dapat pula digunakan untuk memperbaiki IPOD ATAU MP3 PLAYER anda yang rusak <dengan syarat hanya kerusakan data saja, bukan kerusakan lainnya.>

Tips Merawat HP Agar Awet dan Tahan Lama

Handpone / hp jika dirawat dengan benar akan awet dan tahan lama untuk itu perlu dijaga dan dirawat , apalagi fungsi hp di jaman sekarang yang telah jadi multifungsi seperti menggunakannya untuk berinternet , bermain facebook, twitter, ngeblog ,downloads mp3, download bokep dan macam-macam lagi kegunaannya yang sangat rentan terhadap kerusakan . untuk merawat hp agar awet dan tahan lama yang perlu kita lakukan berupa :

1. Usahakan dalam 1 minggu sekali buka batre , buka memeorynya (jika menggunakan memory eksternal), dan buka kartu , biarkan sekitar 5 menit dalam keadaan terbuka (sambil menunggu bisa gunakan untuk membersih sisi hp dari debu dengan menggunakan tissue halus dan lembut)hal ini gunanya untuk mencegah terjadinya hang pada hp ketika hp itu sering di gunakan untuk browsing internet.

2. Saat mengeCas Hp kita usahakan sampai benar benar penuh, dan isi ulang baterai bila memang sudah habis, walaupun jenis baterai yang baru seperti Lithium Polymer dapat di isi kapan saja tetapi secara umum, jika melakukan pengisian yang terlalu sering akan memperpendek usia baterai.

3. Jangan terlalu banyak menyimpan file di memori hp seperti terlalu banyak menyimpan sms yang tak penting atau menyimpan file-file yang belum terpindah kememory eksternal .

4. Biasakan menggunakan pengaman seperti sarung ponsel , atau tas ponsel.Selain mencegah resiko jatuh, dengan sarug ponsel mungkin akan menahan air dan debu untuk masuk ke ponsel dengan cepat serta mengurangi resiko tergores .

5. Jangan menaruh hp disembarang tempat karena hal ini bisa membuat hp paling tidak awet karena jika dimaling orang hp itu tinggal kenangan .

6. Jauhi hp dari medan magnet tinggi . karena Meletakan ponsel di tempat dengan medan magnet tinggi akan memaksa ponsel untuk mengeluarkan daya maksimalnya untuk mendapatkan signal terbaik. Biasanya ponsel menjadi panas dan baterai cepat terkuras. Dan juga jgn menaruh ponsel atau hp diatas kulkas, tv, komputer, dan jangan sekali-sekali menaruh hp dalam api dan air

Kiat Memperbaiki HP Cina

Banyak HP cina yang beredar di Indonesia, mulai dari merk A-Z. HP Cina mulai diminati sejak 2tahun yang lalu, karena untuk fitur yang cukup mumpuni HP Cina jauh lebih murah dibanding merk lainnya. Dan rata-rata Hp cina yang beredar berada pada harga di bawah 2 jutaan, ada TV pula dan double simcard GSM-GSM ataupun GSM-CDMA yang aktif bersamaan. Apalagi banyaknya jenis kartu simcard yang beredar dan promosi yang ditawarkannya membuat satu orang di Indonesia memiliki lebih dari satu simcard, sehingga HP Cina merupakan pilihan satu-satunya yang hemat dan tepat.

Namun kadang-kadang service menjadi kendala. Masih minim tempat Service Handphone yang bisa memperbaiki Hp Cina. Padahal HP Cina tergolong gampang dibaiki bahkan hampir tanpa box service pun sudah bisa dibaiki karena kuncinya hanya kabel, pinout, software dan firmware.

Jika anda mempunyai box flashing HP Cina maka semua permasalahan di atas sudah terjawab, dimana pada paket pembelian box flashing anda akan mendapatkan hardware (Box flashing), Software flashing, firmware, dan kabel. Sedangkan pinout akan dicari otomatis dengan kolaborasi Box+software+kabel.

Ada banyak box flashing yang bisa digunakan untuk perbaikan HP Cina, diantaranya:
Spiderman Box
Infinity Box
Ve-king Box
CPF Box
MCN Box

cara kerjanya rata-rata sama, dimana kita memilih kabel flash yang portnya mirip dengan port yang ada pada HP (cocok=male+female). selanjutnya cek koneksi Box dengan komputer, lalu cek koneksi box ke HP, scan untuk deteksi jenis CPU + pinout otomatis(jika didukung). Jika sudah tinggal eksekusi HP nya baca firmware, tulis firmware, format,dsb.

Lalu bagaimana jika kita tidak punya box HP cina? tenang masih ada software crack dan software HP cina lainnya yang bisa digunakan. Hanya saja pada pilihan ini pinout tidak bisa dicari otomatis. Jadi silahkan cari sendiri posisi pinout (Tx,Rx dan GND). Bisa anda lihat di forum2 atau blog saya atau cari sendiri di google. Selanjutnya buat sebuah kabel sederhana (dari kabel LAN) ujung satunya pasang konektor RJ45 ujung lainnya dikupas aja 3 buah sesuai posisi rx,tx dan GND sisanya 5 bagian kabel potong saja.

Selain itu yang harus dipersiapkan dalam Service Handphone Cina ini adalah Box UFS (tidak perlu pake HWK), software UFSxCOM emulator, dan software flashing HP cina (bisa Spiderman Crack, Cina Flash Tool, Commzero,dll).

* Install UFSxCOM emulator bisa di download silahkan cari di google
* Pasang box UFS dan jalankan emulator.
* Pasang kabel RJ45 ke box UFS
* Lihat pinout HP (cari manual atau lihat kumpulan pinout cina)
* Solder 3 pin (rx,tx, gnd) kabel RJ45 ke pinout rx, tx, gnd pada HP Cina.
* Jalankan software flashing (misal spiderman crack)
* Cek koneksi HP apakah sudah terdeteksi (tekan tombol on sebentar) agar HP terdeteksi

Tips Memperbaiki HP Rusak

buat kamu yang pernah mengalami atau baru saja mengalami HP yang rusak jangan terburu-buru untuk Pergi ke tukang service HP dulu, karena ada tips-tips yang bermanfaat untuk memperbaiki HP yang rusak, kenapa engga coba sama sendiri dulu, tentunya dapat menghemat biaya juga kan.

SOFTWARE

1. Hp ga bisa kirim pesan… terima pesan bisalangkah perbaikan:
a. Set jaringan – pilih manual- pilih provider- restart/off
b. Set message centres

2. Hp Sering ngehang/ngelag, kemudian sebagian aplikasi hilang??? misalnya aplikasi pesan ga ada, aplikasi web dll
langkah perbaikan:
restart hp kamu ke settingan pabrik

HARDWARE

1. Hp sering mati mendadak
langkah perbaikan:
tonjolkan ke depan conector batre menggunakan pinset,, bisanya conector untuk batre pada batre renggang/tidak pas… pin connector nya..

2. not charger
langkah perbaikan:
Pinjam dulu batre yang sama.. coba pasang pada hp kamu..

3.tidak ada jaringan
langkah perbaikan:
buka hp, bersihkan pin conector pada antena.. kemudian tonjolkan ke atas menggunakan pinset. pasang kembali Antenna

4. HP kena Air. nyemplung / keujanan
Langkah Perbaikan: HP jangan dulu di On… cabut batre… buka hp keringkan semua pake hotgun/sejenisnya.. soalnya begitu hp kena air yang koslet bukan daleman nya tp batre, langsung shot dan habis… jadi ada kemungkinan masih hidup bila melakukan langkah diatas

Cara Menghemat Baterai di Ponsel,

HandPhone, Gadget Android

Punya ponsel berbasis Android memang menyenangkan, terlebih jika anda adalah seorang yang suka bereksperimen dengan gadget dan dunia teknologi. Keasyikan bermain game dengan ponsel Android juga membuat waktu terasa begitu cepat berlalu karena waktu anda hanya diisi dengan kegiatan yang menyenangkan.

Namun, perlu diketahui juga, semakin banyak aplikasi yang anda install pada Android juga akan berpengaruh pada daya tahan baterai. Saat asyik bermain Android, anda mungkin baru menyadari kalau kondisi baterai sudah lemah dan harus dilakukan charger ulang.

Bukan masalah jika pada saat tersebut sedang membawa charger, tetapi bagaimana jika hal tersebut terjadi ketika sedang di perjalanan atau kondisi lain yang tidak memungkinkan untuk charger baterai?

Masalah tersebut bisa sedikit teratasi dengan cara melakukan penghematan baterai ponsel Android. Lalu, bagaimana cara menghemat baterai dari ponsel Android? Berikut kami berikan penjelasannya.

Test Keampuhan Baterai Pada Ponsel Android

Coba lakukan test berapa lama baterai bisa bertahan pada ponsel Android. Kemudian, coba analisa apakah dengan melakukan sedikit konfigurasi bisa lebih menghemat baterai atau malah akan membuat keadaan menjadi lebih buruk. Sebagai contoh, untuk menghemat baterai bisa dilakukan dengan menonaktifkan beberapa aplikasi, tetapi jangan sampai aplikasi yang anda matikan pada dasarnya memang harus  ada pada Android. Alih-alih menghemat baterai malah Android anda harus direstart ulang untuk menggunakannya kembali.

Untuk melihat kondisi baterai, pergi ke bagian Settings, kemudian Pilih About lanjutkan dengan memilih Battery use. Disitu terlihat aplikasi dan device apa saja yang paling banyak memakan energi. Coba cermati, apakah device atau aplikasi yang anda gunakan tersebut memang dibutuhkan atau tidak. Jika memang tidak dibutuhkan, menonaktifkannya adalah hal yang wajib dilakukan untuk penghematan battery.

Minimalkan Konfigurasi Display Android

Tidak perlu dipungkiri lagi, salah satu device yang paling banyak memakan baterai adalah layar/display. Untuk lebih menghemat baterai, coba setting agar Display seredup mungkin sampai batas mata anda masih bisa melihat dengan jelas Display tersebut. Jangan terlalu gelap karena hal tersebut malah membuat mata anda menjadi sakit. Penghematan baterai memang penting, tetapi kesehatan mata masih jauh lebih penting dari baterai.


Untuk menkonfigurasikan layar agar lebih redup, pergi ke Settings, pilih Display dan pilih Brightness. Atur sesuai dengan kebutuhan anda. Jika memang tidak diperlukan, fungsi Auto-rotate screen juga bisa anda nonaktifkan. Untuk animasi, sesuaikan dengan kebutuhan karena tidak begitu berpengaruh pada baterai. Satu hal lagi, pada bagian Screen timeout, pilih waktu seminimal mungkin. Semakin minim waktu  maka baterai akan semakin hemat.

Minimalkan Waktu Pada Screen Time Out

Secara default, jika ponsel Android tidak digunakan maka dalam jangka waktu tertentu layar gadget/ponsel akan mati. Pemilik Androi bisa memilih sendiri berapa lama jeda waktu sebelum dimatikan. Atur waktu idle sesingkat mungkin sehingga lebih hemat baterai . Caranya, buka Settings, Display dan pilih Screen Time Out kemudian lanjutkan dengan memilih 1 menit (Waktu tercepat pada ponsel Android).

Nonaktifkan Wi-Fi

Pada Dell Streak 7, ada dua pilihan koneksi ke luar yaitu menggunakan WiFi dan menggunakan SIM Card. Jika anda menggunakan SIM Card sebagai koneksi utama, menonaktifkan baterai adalah pilihan yang baik dan tentunya akan lebih menghemat baterai. Caranya, pergi ke Settings, Wireless and Networks kemudian nonaktifkan Wi-Fi.

Nonaktifkan Bluetooth

Sama seperti Wi-Fi, nonaktifkan Bluetooth untuk lebih menghemat baterai.

Nonaktifkan Apps Yang Melakukan Sinkronisasi Otomatis

Beberapa aplikasi Android membutuhkan sinkonisasi otomatis untuk mengupdate data anda. Aplikasi itu akan melakukan sinkronisasi yang terus menerus dengan waktu yang sudah terjadwal. Setiap melakukan sinkronisasi, aplikasi akan melakukan proses tertentu yang tentunya akan memakan energi baterai. Jika memang tidak begitu penting, matikan sinkronisasi tersebut dan anda bisa melakukannya secara manual. Atau anda tetap menonatifkannya tetapi dengan frekuensi waktu yang lebih lama.

Beberapa aplikasi yang biasa menggunakan metode ini adalah eMail Client (Kecuali GMail karena sudah menggunakan teknologi Server Push yang akan mengirimkan pesan ke Mail Client ketika ada pesan baru di server), Twitter Client dan sebagian besar aplikasi Social Networks.

Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi GPS

Fitur sinkronisasi GPS juga menjadi salah satu aplikasi yang memakan banyak energi baterai karena ponsel secara terus menerus melakukan sinkronisasi dengan satelit GPS. Sinkronisasi ini dimaksudkan untuk mengupdate koordinat terakhir untuk menentukan di mana letak anda saat itu.

Jika memang tidak dibutuhkn, matikan semua fungsi GPS dengan cara masuk ke bagian Settings, Location & Security dan pada My Location nonaktifkan Use Wireless Metworks & Use GPS Satellites. Beberapa layanan “social network website” seperti Twitter, FourSquare atau Koprol menggunakan fungsi ini untuk menfasilitasi pengguna mereka. Matikan fitur pada layanan tersebut untuk lebih menghemat baterai.

Gunakan Task Manager Untuk Melihat Aplikasi Yang Berjalan

Sama seperti Windows, Android juga memiliki Task Manager, tempat di mana anda bisa melihat aplikasi apa yang sedang berjalan. Banyak aplikasi Android yang berjalan di background (Tidak terlihat) padahal user sendiri tidak tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut. Pilihan terbaik, nonaktifkan aplikasi tersebut dan/atau kalau perlu uninstall/buang dari gadget anda.

Matikan Aplikasi Menggunakan Task Killer

Jika tidak digunakan, jangan ragu untuk menonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan. Agar lebih mudah, gunakan aplikasi gratis semacam Advanced Task Killer atau aplikasi lain yang sejenis. Penjelasan singkatnya bisa dilihat pada artikel cara membunuh Aplikasi tidak berguna pada Android.

Buang Aplikasi Yang Tidak Berguna

Hampir semua pengguna Android (Terutama pada awal pemakaian) tergila-gila untuk mencoba semua aplikasi yang ada di Android Market padahal sebenarnya belum tahu apa fungsi dan manfaat dari aplikasi tersebut. Semakin banyak aplikasi yang diinstall membuat kapasitas penyimpanan data semakin kecil dan tentunya butuh lebih banyak konsumsi daya. Ujung-ujungnya akan membuat baterai semakin boros.

Untuk mengatasi hal itu, ada baiknya buang/uninstall semua aplikasi yang tidak pernah anda gunakan. Gunakan aplikasi Easy Uninstaller atau aplikasi yang sejenis untuk menguninstall aplikasi tersebut.

Nonaktifkan Widget Home Page Yang Tidak Dibutuhkan

Banyak dari widget pada Home yang jarang (Atau bahkan tidak pernahi) digunakan tetapi masih terpampang di depan. Meskipun efeknya kecil, widget ini akan menambah beban baterai dari ponsel Android. Nonaktifkan semua widget yang tidak pernah anda gunakan.

Nonaktifkan Animasi Wallpaper

Dengan animasi, wallpaper ponsel Android akan terlihat lebih cantik dan menarik. Anda tidak akan bosan karena gambar akan bergerak kesana kemari seperti screen saver pada PC atau notebook. Efeknya, sama seperti “task” yang lain, membuat baterai lebih boros tenaga.

Atur Ponsel Hanya Menggunakan Jaringan 2G

Secara default, Android akan memilih jaringan 3G sebagai jalur komunikasi utama. Teknologi 3G akan memperceat proses transfer data baik dari maupun ke ponsel Android. Secara teori, teknologi 3G butuh lebih banyak konsumsi daya jika dibandingkan dengan 2G. Oleh karena itu, jika memang tidak diperlukan ada baiknya anda hanya menggunakan teknologi 2G untuk sementara waktu, demi menghemat baterai agar bertahan lebih lama.

Caranya, buka Settings, Wireless & Networks, Mobile Networks dan terakhir Network Mode. Pada bagian tersebut pilih GSM Only agar ponsel hanya bekerja dengan sinyal GSM tanpa menggunakan sinyal 3G atau WCDMA.

Gunakan Power Control Widgets

Widget ini akan membantu pengguna Android lebih cepat mengatur konsumsi daya dari Wireless, Bluetooth, GPS maupun layar Android. Semakin cepat proses pengaturan berefek pada penghematan baterai ponsel Android.

Catatan Penting

Trik ini sudah kami uji cobakan pada Dell Streak 7 dengan OS Android Froyo 2.2 dan berjalan dengan baik. Baterai bisa bertahan lebih lama dari sebelumnya. Selain cara-cara di atas, masih banyak lagi trik yang bisa digunakan agar ponsel Android lebih hemat energi. Penting untuk diingat, gunakan trik ini secara bijak. Jangan karena ingin menghemat baterai keasyikan anda bermain Android menjadi berkurang.

Teruslah bereksperimen dengan Google Android, the next generations of great operating system for Gadget and SmartPhones.

Memperbaiki HP yang Kena Air

Jika Anda mengalami kecelakaan berupa handphone yang basah atau karena terendam ke mesin cuci atau ember air, maka Anda tidak perlu panic. Mungkin Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Anda dapat mengambil handuk kering dan mengeringkan handphone Anda. Jika handphone Anda berbentuk flip, maka Anda harus membukanya dan mengeringkan layar juga tombol tombol handphone dengan handuk kering.

* Lepaskan baterai dan gunakan handuk tersebut untuk mengeringkannya jika masih ada air di dalamnya.

* Tunggu kira-kira satu jam, kemudian letakkan kembali baterai ke posisi semula dalam handphone Anda, dan berharap handphone dapat hidup kembali. Namun jika tidak bisa juga, maka baterai sebaiknya dilepas, agar tidak merusak komponen handphone yang lainnya.

* Diamkan handphone hingga hari berikutnya. Kemudian pada sore hari, bentangkan handuk di permukaan yang datar di halaman depan atau belakang rumah. Kemudian taruhlan handphone di atasnya, berikut baterainya, untuk dikeringkan. Ketika hari sudah gelap, bawalah handphone masuk ke rumah. Anda dapat mengulangi langkah ini dalam waktu sekitar lima hari.

* Setelah beberapa hari pengeringan dengan sinar matahari, kemudian Anda dapat menggunakan ‘blow dryer’ dengan panas yang rendah, dan menempatkannya sekitar 3 inch dari baterai handphone. Anda dapat melakukannya sekitar 30 menit. Mungkin jika pernah mengikuti kursus service handphone, Anda akan lihai melakukan hal ini.

* Kemudian letakkan baterai handphone kembali ke handphone, lalu coba nyalakan. Jika Anda melihat cahaya dari tombol-tombol handphone Anda, bukan dari layar, maka hal ini adalah pertanda baik. Hal ini berarti handphone masih dapat berjalan.

* Cobalah untuk menekan nomor telepon seperti biasanya, walaupun dalam kondisi layar gelap. Jika terdapat nada panggilan, berarti layar Anda akan kembali suatu saat. Namun, jika tidak, maka Anda dapat mengeringkan handphone Anda seperti langkah sebelumnya. Untuk hal ini tidak pernah kursus service handphone juga tidak masalah, artinya bisa dilakukan dengan otodidak.

* Jika handphone Anda tidak ada perubahan dalam dua minggu, Anda mungkin dapat membeli handphone baru lagi. Bagaimanapun, Anda dapat menunggu dan mengeringkannya kembali sesuai langkah di atas berulang kali, terlebih jika handphone terendam dalam waktu lama, maka akan dibutuhkan waktu lama pula untuk pengeringannya. Atau kalau Anda bersikeras tetap memakai handphone tsb, coba datang ke service handphone. Jika Anda di Jakarta bisa menggunakan jasa service handphone Jakarta tapi tetap harus hati-hati.

Memperbaiki Tombol Gulir

Handphone

Beberapa hari yang lalu aku diajari teman cara menperbaiki tombol gulir handphone (hp) tanpa membukanya, waktu itu aku cerita sama dia kalau hp mitoku baru dibeli beberapa bulan tombol gulirnya tidak bisa menurun kebawah, kemudian kuperbaiki dengan gransi, dan baik, beberapa minggu kemudian rusak kembali dengan kadang bisa turun, tapi beberapa hari yang lalu macet total, tidak mau diturunkan sama sekali, setelah kuceritakan kepada teman, ternyata dia pernah juga mempunyai hp yang keluhannya sama seperti hpku, katanya sudah diservice baik tapi tidak lama rusak lagi, kemudian dia coba memperbaiki sendiri, ternyata didalam dekat dengan tombol gulir tersebut terdapat empat maknit yang diputar oleh tombol gulir itu, bilangnya tombol gulir tidak berpungsi lantaran antara tombol dengan maknit renggang karena aus, untuk mengganti yang aus tersebut dia masukkan abu rokok, eh ternyata berpungsi kembali, tapi kalau tangan berkeringat, tombol licin kembali, terpaksa dikasih abu kembali meski dari luar masih bisa, lantaran aku tidak merokok, kupakai saja abu hasil pembakaran yang penting abu, mau juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s